Hitstat

29 December 2012

Efesus - Minggu 14 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Ef. 3:4-11


Dalam Efesus 3:4 Paulus membicarakan tentang ra­hasia Kristus. Rahasia Allah dalam Kolose 2:2 adalah Kristus; rahasia Kristus di sini adalah gereja. Allah ada­lah suatu rahasia, dan Kristus, sebagai perwujudan Allah untuk mengekspresikan-Nya, adalah rahasia Allah. Kristus juga merupakan suatu rahasia, dan gereja sebagai Tubuh Kristus untuk mengekspresikan-Nya adalah rahasia Kristus.

Rahasia ini tersembunyi dalam angkatan-angkatan yang lain, tetapi telah dinyatakan dalam zaman Perjan­jian Baru. Rahasia Kristus, gereja, yakni Tubuh-Nya, ter­sembunyi dalam zaman Perjanjian Lama. Tidak seorang pun di antara kaum saleh Perjanjian Lama mengetahui sesuatu tentang rahasia ini. Tetapi rahasia ini telah di­wahyukan kepada semua orang beriman dalam Perjanjian Baru melalui para rasul dan nabi. Hari ini ministri kita tidak lain hanyalah meneruskan wahyu ini.

Telah kita tunjukkan bahwa rahasia Kristus adalah gereja, yaitu Tubuh Kristus. Mengenai gereja sebagai ra­hasia Kristus, ayat 6 mengatakan, “yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Injil, turut menjadi ahli­ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus.” Ungkapan “turut menjadi ahli-ahli waris” menunjukkan bahwa dalam ekonomi Perjanjian Baru Allah, orang-orang kafir yang terpilih, tertebus, dan terlahir kembali serta orang-orang Yahudi yang percaya adalah ahli-ahli waris Allah, mewarisi Allah. Ungkapan “anggota Tubuh” menunjukkan orang-orang kafir dan orang-orang Yahudi yang beroleh selamat adalah anggota-anggota Tubuh Kristus sebagai ekspresi-Nya yang unik. Dan ungkapan “peserta janji” menunjukkan kaum beriman kafir dan kaum beriman Yahudi adalah peserta janji Allah yang diberikan dalam Perjanjian Lama, tentang semua berkat Allah dalam eko­nomi Perjanjian Baru Allah. Menjadi ahli-ahli waris ber­hubungan dengan berkat rumah tangga Allah; menjadi anggota-anggota Tubuh berhubungan dengan berkat Tu­buh Kristus; dan menjadi peserta janji berhubungan de­ngan berkat janji Allah, seperti dalam Kejadian 3:15; 12:3; 22:18; 28:14; dan Yesaya 9:5. Baik berkat rumah tangga Allah maupun berkat Tubuh Kristus bersifat khusus, se­dangkan berkat janji Allah bersifat umum, almuhit.

Gereja sebagai Tubuh Kristus, dihasilkan dari keka­yaan Kristus yang tidak terduga (3:8). Gereja bukan diha­silkan dari doktrin atau sistem organisasi. Sebagai Tubuh Kristus, gereja hanya dapat dihasilkan dari kekayaan apa adanya Kristus.

Menurut kehendak Allah, gereja harus mengeks­presikan berbagai ragam hikmat Allah kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di surga (3:10). Hal ini dimaksudkan untuk mempermalukan Iblis dan pengikut-pengikutnya. Tipu muslihat Iblis memberikan Allah kesempatan untuk mengekspresikan hikmat-Nya yang beraneka ragam itu melalui gereja.

Kehendak Allah dalam memiliki gereja ialah untuk menyalurkan diri-Nya sendiri ke dalam umat pilihan-Nya (3:9). Karena itu, gereja sebagai Tubuh Kristus adalah ekonomi Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 2, Berita 29

No comments: