Hitstat

11 July 2013

Efesus - Minggu 42 Kamis


Pembacaan Alkitab: Ef. 4:22; 5:27


Kitab Efesus mewahyukan bahwa ekonomi Allah ialah menggarapkan Kristus ke dalam umat pilihan-Nya untuk menghasilkan gereja. Kitab ini juga mengungkapkan beberapa hal negatif yang merusak hidup gereja. Menurut konsepsi alamiah kita, kita mungkin mengira Kitab Efesus menekankan hal-hal negatif seperti dosa atau keduniawian. Meskipun hal-hal itu juga dibahasnya, namun bukan merupakan faktor utama yang diwahyukan Kitab Efesus sebagai penyebab rusaknya hidup gereja.

Apakah faktor utama yang merusak hidup gereja menurut wahyu dalam Kitab Efesus? Kita telah menerangkan walaupun benar-benar merupakan penyebab kerusakan, tetapi dosa bukanlah faktor negatif utama yang tercantum dalam kitab ini. Dalam Kitab Efesus ada empat kategori hal-hal negatif yang merusak hidup gereja. Yang pertama ialah ketentuan-ketentuan. Dalam Efesus 2:14 dan 15 Paulus berkata bahwa Kristus “telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan, ... telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya.” Taurat dengan perintah-perintah yang termasuk dalam ketentuan-ketentuan adalah penyebab perseteruan. Ada ketentuan pasti ada peraturan, dan peraturan-peraturan ini ialah hukum dengan perintahnya. Ini dapat menimbulkan perseteruan. Hari ini masih ada perseteruan di antara orang-orang Kristen yang baik dan rohani, dan perseturuan itu disebabkan oleh ketentuan-ketentuan tentang praktek-praktek tertentu. Sebagai contoh, mereka yang mempraktekkan baptisan celup berseteru dengan yang mempraktekkan baptisan percik. Praktek-praktek itu berhubungan dengan ketentuan-ketentuan berikut hukum perintahnya. Ketentuan-ketentuan itu adalah kategori yang paling utama dari hal-hal negatif yang merusak hidup gereja.

Kategori kedua ialah doktrin. Dalam Efesus 4:14 Paulus berkata bahwa “kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh berbagai angin pengajaran.” Kata pengajaran di sini mengacu kepada doktrin. Walaupun orang Kristen menganggap doktrin sebagai hal yang positif, tetapi ayat ini menunjukkan dengan jelas bahwa doktrin dapat dipakai untuk menjauhkan kita dari Kristus. Doktrin apa saja, bahkan yang alkitabiah pun, yang menyimpangkan kaum beriman dari Kristus adalah angin pengajaran yang memisahkan mereka dari ekonomi Allah. Karena itu, doktrin dapat merusak kehidupan Tubuh. Jika kita ingin memiliki hidup gereja yang wajar, kita harus mengenal perusakan yang disebabkan oleh doktrin terhadap Tubuh Kristus.

Dalam pasal 4 Paulus lebih lanjut mengatakan tentang manusia lama (ayat 22), kategori ketiga dari hal negatif yang merusak gereja. Manusia lama berasal dari Adam, meskipun diciptakan oleh Allah, tetapi telah jatuh karena dosa. Karena manusia lama menyebabkan begitu banyak kerusakan terhadap hidup gereja, maka kita harus menanggalkan manusia lama, agar kita memiliki praktek yang wajar dalam kehidupan Tubuh Kristus.

Dalam Efesus 5:27 kita nampak kategori negatif yang keempat, yakni cacat dan kerut. Cacat berkaitan dengan hayat alamiah, dan kerut berkaitan dengan ketuaan. Baik cacat maupun kerut keduanya dapat menyebabkan kerusakan yang serius bagi hidup gereja dengan cara subyektif. Gereja mulia yang akan dipersembahkan Kristus kepada diri-Nya sendiri tidak akan bercacat atau berkerut atau yang serupa itu, melainkan kudus dan tidak bercela.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 85

No comments: