Hitstat

24 July 2013

Efesus - Minggu 44 Rabu



Pembacaan Alkitab: Ef. 2:21-22


Kita sangat perlu nampak bahwa pembangunan secara universal hanya dapat digenapkan melalui pembangunan secara lokal. Bila kita tidak terbangun bersama orang lain dalam lokal kita sendiri, jangan berharap kita dapat terbangun di lokal lain. Semua orang yang berbeban untuk bermigrasi bagi perluasan hidup gereja, pertama-tama harus terbangun dalam lokal mereka sendiri. Jika Anda belum terbangun dalam gereja lokal Anda, saya anjurkan Anda jangan ikut-ikut bermigrasi. Sebelum kita dapat terbangun secara universal, kita harus terbangun secara riil di lokal kita sendiri.

Jika Anda telah berada di satu lokal sejangka waktu tanpa terbangun dengan orang lain, maka kekurangan pembangunan itu pasti ada sebab musababnya. Alasannya mungkin kepintaran alamiah Anda atau Anda masih ada “persyaratan” mengenai hidup gereja. Memang Anda telah berhenti mengembara dari satu kelompok ke kelompok lain, dan Anda telah masuk dan tinggal dalam hidup gereja. Tetapi untuk terbangun secara lokal, watak dan diri Anda harus ditanggulangi. Tidak ada satu perkara yang dapat menguji kematangan kerohanian Anda seperti masalah pembangunan ini. Selain itu, pembangunan lokal merupakan bantuan besar bagi pertumbuhan rohani Anda. Bila Anda mau terbangun ke dalam gereja lokal Anda, Anda akan memperoleh pertumbuhan hayat yang melimpah. Pembangunan harus dimulai dari aspek lokal lalu meluas ke aspek universal. Ada sementara orang saleh tidak beroleh banyak pertumbuhan sebab mereka tidak terbangun dalam gereja lokal. Penyebab kekurangan pembangunan itu ialah mereka terlalu banyak tuntutan. Meskipun mereka berada dalam gereja lokal, mereka cenderung untuk mengundurkan diri ketika situasi tertentu bangkit dalam gereja. Hal inilah yang menjauhkan mereka dari pembangunan. Jangan mengundurkan diri, lebih baik kita dengan rela dihancurkan agar dapat terbangun bersama orang lain. Betapa berbedanya hal ini dalam membuat hayat kita bertumbuh! Jika kita bertumbuh dengan cara demikian, hidup gereja akan meluas melalui kita dan bersama kita, dan kita akan berguna dalam setiap migrasi yang akan datang. Namun, bila kita tidak terbangun secara lokal, kita tidak akan menjadi bantuan bagi migrasi yang mana pun di kemudian hari. Hanya orang-orang yang telah terbangun secara lokal yang dapat mendukung perluasan hidup gereja melalui migrasi. Setiap orang yang masih memiliki tuntutan dalam hidup gereja, namun ingin berpartisipasi dalam suatu migrasi, akan menyebabkan kegagalan.

Sebagai kesimpulan, saya ingin menekankan sekali lagi, berapa banyak pembangunan yang kita capai baik secara universal maupun secara lokal tergantung pada berapa banyak kita meninggalkan ketentuan-ketentuan dan mengenal dengan riil bahwa Kristus adalah segala sesuatu dalam ekonomi Allah. Karena Dia adalah Sang almuhit, kita tidak seharusnya berpegang kepada apa pun untuk menggantikan Dia. Jika kita berpegang kepada Kristus sebagai segala sesuatu kita, kita akan mengalami pembangunan yang sejati, pertama-tama secara lokal, kemudian secara universal. Hal ini akan membuat kita berguna dalam migrasi demi perluasan hidup gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 88

No comments: