Hitstat

31 July 2013

Efesus - Minggu 45 Rabu



Pembacaan Alkitab: 1 Tim. 6:12


Kita harus berhati-hati untuk membedakan iman (kepercayaan) dari doktrin yang berkaitan dengan hal-hal seperti pemeliharaan hari-hari, peraturan makanan, cara pembaptisan, berbicara dengan bahasa lidah, dan pembasuhan kaki. Ingatlah bahwa iman kita terdiri atas hal-hal yang harus dipercayai oleh seseorang supaya ia beroleh selamat. Untuk menjadi orang Kristen sejati perlu percaya kepada Allah Tritunggal dan Kristus, Anak Allah, Juruselamat kita yang hidup, yang telah mati di atas salib bagi dosa-dosa kita, dan telah bangkit secara jasmani dari antara orang mati. Tetapi, orang dapat beroleh selamat tanpa percaya akan pembasuhan kaki atau bahasa lidah.

Satu-satunya cara kita untuk dapat membuang doktrin ialah melalui pertumbuhan hayat. Kita harus bertumbuh sampai mencapai kesatuan iman dan pengetahuan penuh tentang Anak Allah. Walaupun kita semua telah diselamatkan, namun kita masuk ke dalam hidup gereja dengan latar belakang yang berbeda-beda. Karena latar belakang yang berbeda-beda ini maka kita memiliki doktrin dan filsafat yang berbeda-beda pula. Kita boleh berkata bahwa kita hanya memperhatikan Kristus dan gereja, tetapi kita mungkin masih dipengaruhi oleh doktrin. Janganlah mencoba mengajar orang lain untuk mengesampingkan doktrin mereka. Sebagaimana anak-anak akan bermain dengan mainan mereka sebelum mereka bertumbuh, begitu pula kaum beriman akan terpengaruh oleh doktrin sebelum mereka lebih banyak bertumbuh di dalam Kristus. Jika kaum saleh itu bertumbuh dalam Tuhan, akhirnya mereka akan mengesampingkan doktrin-doktrin yang mempesona mereka.

Bila kita bertumbuh, kita bukan mencapai kesatuan doktrin, melainkan kesatuan iman dan pengetahuan penuh tentang Anak Allah. Inilah kesatuan yang kita dambakan dalam gereja-gereja lokal. Kesatuan kita bukanlah kesatuan pengetahuan Alkitab, melainkan kesatuan dalam pengetahuan tentang Kristus yang hidup, satu kesatuan yang tersusun dari iman bersama dan pengenalan tentang Kristus. Perhatian kita yang utama bukan agar kaum saleh beroleh pengetahuan Alkitab, melainkan mengenal Tuhan Yesus secara hidup. Dalam persidangan gereja, penekanan kita bukanlah pada ajaran Alkitab, melainkan membantu kaum saleh mengenal Kristus yang hidup dan bertumbuh di dalam-Nya. Hanya melalui bertumbuh sedemikian rupa baru kita tidak akan sebagai anak-anak lagi, yang terombang-ambing oleh berbagai angin doktrin.

Melalui pertumbuhan hayat, kita juga akan mencapai kedewasaan penuh dan mencapai tingkat perawakan kepenuhan Kristus. Kepenuhan Kristus adalah Tubuh Kristus, ekspresi Kristus. Pada Tubuh ini ada satu perawakan berikut tingkat atau ukurannya. Ketika pekerjaan Tuhan dalam pemulihan-Nya mulai masuk ke Amerika Serikat, ukuran perawakan ini sangat kecil. Puji Tuhan, setelah lewat beberapa tahun, ukuran perawakan ini bertambah! Pertambahan ini adalah hasil dari diperlengkapinya kaum saleh melalui ministri Kristus. Namun, kita semua mengakui, kita masih tetap dalam proses pertumbuhan. Semakin kita bertumbuh, kita akan semakin dapat berfungsi dan memiliki pertumbuhan Tubuh hingga mencapai pembangunan dirinya sendiri di dalam kasih. Inilah yang kita butuhkan dewasa ini.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 90

No comments: