Hitstat

15 November 2013

Filipi - Minggu 12 Jumat



Pembacaan Alkitab: Flp. 3:13-16


Dalam 3:16 Paulus melanjutkan, “Tetapi, tingkat mana yang telah kita capai, baiklah kita berjalan menurut aturan yang sama” (Tl.). Istilah “berjalan” ini dalam bahasa Yunaninya adalah “stoicheo” yang berarti berjalan secara teratur. Dengan perkataan ini rasul menasihati kita untuk berjalan dan menata hidup kita — menurut yang telah kita capai, berdasarkan keadaan yang telah kita capai, dengan aturan yang sama, dalam garis yang sama, dalam jalur yang sama, dalam jejak yang sama. Bagaimanapun tingkat kerohanian yang telah kita capai, kita semua harus berjalan seperti yang dilakukan rasul, dengan aturan yang sama, dalam jalur yang sama. Maksudnya, kita harus menuntut Kristus dengan mengarah kepada sasaran, agar kita dapat mendapatkan Kristus sampai sepenuh-penuhnya sebagai pahala panggilan Allah dari tempat tinggi.

Kita telah menunjukkan bahwa istilah ini berasal dari sebuah istilah yang berarti bergerak dalam garis yang wajar atau berbaris dalam jajaran tentara. Paulus memakai istilah ini dalam Roma 4:12, di mana ia berkata, “. . . mengikuti jejak iman Abraham, bapak leluhur kita.” Mengikuti (berjalan menurut) jejak iman Abraham berarti diserupakan dengans imannya, yaitu diserupakan dengan kebajikan atau kesalehan tertentu. Istilah Yunani ini mengandung makna yang sangat kaya.

Pemikiran utama Paulus dalam Filipi 3:16 ialah, sebagai orang Kristen, prinsip terpenting dari kehidupan kristiani kita ialah sekuatnya mengejar (menuntut) Kristus. Karena itu, menuntut Kristus harus menjadi prinsip utama untuk kita taati. Paulus telah menunjukkan hal ini dalam ayat 12 dengan mengatakan bahwa ia mengejar agar dapat menangkap Kristus seperti ia juga telah ditangkap oleh Kristus Yesus. Menurut ayat ini, prinsip pertobatan dan keselamatan kita ialah kita telah didapatkan oleh Kristus untuk mendapatkan Kristus. Prinsip ini harus menjadi elemen dasar dan elemen pengendali dalam hidup kristiani kita.

Sayang sekali, kebanyakan orang Kristen hari ini tidak menuruti prinsip pengendali ini. Mereka tidak menuntut sasaran Allah yang unik, malahan menuntut hal-hal lain. Sebagai contoh, orang-orang yang di dalam pergerakan Pentakosta atau Kharismatik mengejar karunia-karunia atau kuasa rohani. Mereka mungkin menuntut berbahasa lidah, kesembuhan, atau manifestasi karunia-karunia lain. Orangorang yang menuntut hal-hal itu tidak menuruti prinsip dasar kehidupan orang Kristen. Prinsip ini ialah menuntut Kristus agar kita mendapatkan Dia.

Penting sekali kita nampak bahwa prinsip pengendali kehidupan orang Kristen ialah mendapatkan Kristus. Ayat 16 mengatakan, “Baiklah kita berjalan menurut aturan yang sama” (Tl.). Pengertian ini juga berdasarkan pada berbagai arti dari istilah Yunani itu: bergerak dalam garis yang wajar, berbaris dalam jajaran tentara, memperhatikan langkah, diserupakan dengan kebajikan dan kesalehan. Penggunaan kata ini oleh Paulus menunjukkan bahwa kita harus berjalan di jalur yang sama menurut prinsip dasar.


Sumber: Pelajaran-Hayat Filipi, Buku 2, Berita 24

No comments: