Hitstat

20 November 2013

Filipi - Minggu 13 Rabu



Pembacaan Alkitab: Flp. 3:17-21


Dalam ayat 20 Paulus berkata, “Karena kewargaan kita terdapat di dalam surga dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat.” Karena kewargaan kita ada di surga, maka kita tidak seharusnya diduduki oleh hal-hal duniawi atau hal-hal materi bagi eksistensi kita. Kita jangan menilai hal-hal materi terlampau tinggi. Ini tentu tidak berarti bahwa kita tidak boleh memperhatikan makanan, pakaian, perumahan, dan transportasi kita yang pantas. Kita benar-benar memerlukan hal-hal tersebut, tetapi apa pun yang melampaui kebutuhan, termasuk dalam kategori menuruti hawa nafsu. Pelampiasan hawa nafsu yang sedemikian ini harus dihakimi. Jika kita mencintai hal-hal duniawi yang diperlukan bagi kehidupan manusia, itu berarti kita tidak memustikakan kewargaan surgawi kita. Semoga kita semua ingat bahwa kewargaan kita ada di dalam surga dan kita adalah umat surgawi yang menumpang tinggal di bumi. Jika kita mempunyai makanan, pakaian, rumah, dan kendaraan untuk mempertahankan hidup kita, kita sudah harus merasa puas. Janganlah melampiaskan keinginan diri kita di dalam hal-hal duniawi atau materi yang mana pun.

Dari surga kita menantikan seorang Juruselamat, yaitu Tuhan Yesus Kristus, yang “akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.” Transfigurasi (pengubahan bentuk) tubuh kita adalah perampungan akhir dari keselamatan Allah. Dalam keselamatan-Nya, Allah pertama-tama melahirkan kembali roh kita (Yoh. 3:6), dan sekarang Ia sedang mengubah (mentransformasi) jiwa kita (Roma 12:2), dan terakhir, Ia akan mentransfigurasi tubuh kita, membuat kita sama dengan Kristus dalam ketiga bagian diri kita.

Dalam ayat 21 Paulus mengatakan bahwa tubuh kita adalah “tubuh yang hina”. Ini melukiskan tubuh alamiah kita yang terbuat dari debu yang tidak berharga (Kej. 2:7) dan dirusak oleh dosa, kelemahan, penyakit, dan kematian (Rm. 6:6; 7:24; 8:11). Tetapi pada suatu hari tubuh ini akan ditransfigurasi dan diserupakan dengan tubuh Kristus yang mulia. Tubuh Kristus yang mulia adalah tubuh kebangkitan-Nya yang dijenuhi oleh kemuliaan Allah (Luk. 24:26) dan melampaui perusakan dan kematian (Rm. 6:9).

Tidak peduli bagaimana kita merawat dan mengenakan pakaian pada tubuh kita, atau menumpang mobil jenis apa untuk transportasi kita, ataupun mendiami tempat tinggal yang bagaimana, tubuh kita tetap adalah tubuh yang hina. Anda boleh mengistirahatkan tubuh Anda di atas ranjang yang terindah dan termahal, tubuh Anda tetaplah hina. Akan tetapi, kita tidak boleh membenci atau menyepelekan tubuh kita. Jika kita menyepelekan tubuh kita, kita akan melakukan ajaran pertapaan. Pada hakikatnya, kita harus mengasihi tubuh kita karena Tuhan. Kita harus memperhatikan tubuh, tidak membiarkannya menuruti hawa nafsunya sendiri. Pada suatu hari, Tuhan Yesus akan datang dan akan mentransfigurasi tubuh yang hina ini dan menyerupakannya dengan tubuh-Nya yang mulia.

Dalam ayat 21 Paulus berkata bahwa transfigurasi tubuh yang hina ini adalah “menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.” Transfigurasi tubuh kita tergenap dengan kuasa besar Tuhan yang menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya (Ef. 1:19-22). Ini adalah kuasa yang luar biasa dalam alam semesta.


Sumber: Pelajaran-Hayat Filipi, Buku 2, Berita 25

No comments: