Hitstat

02 December 2013

Filipi - Minggu 15 Senin



Pembacaan Alkitab: Flp. 4:10-13


Dalam berita ini kita akan membahas rahasia kecukupan Paulus di dalam Kristus. Paulus telah mempelajari rahasia kecukupan, kepuasan, dan kesenangan. Rahasia ini sebetulnya adalah Kristus itu sendiri. Dalam pasal 1, Kristus adalah kehidupan yang kita perhidupkan; dalam pasal 2, Kristus adalah teladan yang kita ikuti; dan dalam pasal 3, Kristus adalah sasaran dan pahala yang kita tuntut. Sekarang, dalam pasal 4, Kristus adalah rahasia dan kekuatan yang kita nikmati. Dalam melakukan banyak perkara, pertama-tama kita harus mengetahui rahasianya, dan juga harus ada kekuatan, tenaga, energi untuk melaksanakannya.

Dalam kalangan orang Yunani terdapat sejumlah perkumpulan rahasia. Siapa saja yang menjadi anggota sebuah perkumpulan yang demikian harus belajar prinsip-prinsip dasar dari perkumpulan tersebut. Orang lain harus membawanya ke dalam perkumpulan melalui mengajarkan prinsip-prinsipnya terlebih dulu. Dengan memakai kiasan ini Paulus membicarakan gereja adalah lembaga yang sangat rahasia, juga memiliki beberapa prinsip dasar. Setelah Paulus bertobat kepada Kristus, di suatu aspek, ia dibawa masuk ke dalam hidup gereja. Ini berarti ia telah belajar rahasia untuk menikmati Kristus, bagaimana mengambil Kristus sebagai hayat, bagaimana memperhidupkan Kristus, bagaimana memperbesar Kristus, bagaimana mendapatkan Kristus, dan bagaimana menempuh hidup gereja. Hal-hal itu adalah prinsip-prinsip dasar hidup gereja.

Meskipun gereja, Tubuh Kristus, ada aspek yang rahasia, tetapi gereja sama sekali bukan sebuah perkumpulan rahasia. Sebaliknya, gereja adalah sebuah kota terang di atas gunung. Tidak hanya demikian, gereja terbuka bagi semua orang yang ingin datang. Tetapi karena gereja memiliki aspek yang rahasia, maka perlu adanya inisiasi (perkenalan) rohani, agar orang dapat belajar prinsip-prinsip hidup gereja.

Prinsip dasar kehidupan gereja sama sekali berbeda dengan prinsip dasar dunia. Mungkin kita mengetahui semua prinsip dasar dunia, tetapi tidak mengetahui sedikit pun tentang prinsip dasar hidup gereja. Karena itu, ketika kita beroleh selamat dan memasuki gereja, Tubuh Kristus, kita perlu memasukinya melalui belajar prinsip dasar tertentu. Rahasia Tubuh ialah menerima Kristus sebagai hayat kita, memperhidupkan Kristus, menuntut Kristus, mendapatkan Kristus, memperbesar Kristus, dan mengekspresikan Kristus. Ini semua adalah prinsip dasar gereja, Tubuh Kristus. Sebagai seorang yang telah masuk ke dalam Tubuh, Paulus telah belajar rahasia ini.

Hari ini banyak orang Kristen yang belum memasuki hidup gereja sedemikian. Walaupun mereka telah berpaling kepada Kristus, telah dibaptis, dan telah mengikuti sebuah denominasi, tetapi mereka belum memasuki Tubuh Kristus. Mereka belum belajar bagaimana menerima Kristus sebagai hayat, bagaimana memperhidupkan Kristus, bagaimana menerima Kristus sebagai teladan mereka, dan bagaimana menganggap semua perkara yang agamis, budaya, dan filosofis sebagai sampah, supaya mendapatkan Kristus. Keadaan mereka berbeda dengan Paulus, mereka tidak belajar rahasia untuk mengalami Kristus. Paulus telah memasuki baik hidup kristiani yang tepat maupun hidup gereja yang tepat.


Sumber: Pelajaran-Hayat Filipi, Buku 2, Berita 29

No comments: