Hitstat

13 June 2014

Kolose - Minggu 11 Jumat



Pembacaan Alkitab: Kol. 2:9-12, 18


Dalam Kolose 2:10 Paulus berkata bahwa Kristus adalah Kepala semua pemerintah dan penguasa. Pemerintah dan penguasa yang dikatakan di sini adalah kekuatan-kekuatan malaikat, khususnya malaikat-malaikat yang telah jatuh, yang masih memiliki kedudukan dan berkuasa. Berdasarkan wahyu lengkap Alkitab, setelah Allah menciptakan alam semesta, Ia meletakkannya di bawah kendali seorang penghulu malaikat dan pemuka malaikat lainnya. Pada saat penghulu malaikat itu memberontak melawan Allah dan menjadi Iblis, banyak pemuka malaikat yang membantunya memerintah alam semesta ini kemudian menjadi pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa jahat di udara. Ini dilukiskan dalam Efesus 6:12 sebagai pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, kuasa-kuasa dunia yang gelap ini, dan roh-roh jahat di udara. Kuasa-kuasa malaikat ini memerintah bangsa-bangsa. Karena alasan ini, dalam Kitab Daniel disebutkan pemimpin orang Yunani dan pemimpin orang Persia. (Pemimpin di sini mengacu kepada salah satu kuasa atau pemerintah malaikat). Ini berarti seluruh bangsa di dunia hari ini berada di bawah pemerintahan kekuasaan di udara; tetapi, tidak semuanya jahat. Namun, Kristus adalah Kepala seluruh pemerintah dan penguasa.

Karena Kristus adalah kesempurnaan dan kelengkapan kita, maka kita tidak perlu pemerintah dan penguasa lain sebagai obyek penyembahan, sebab Dia adalah Kepala dari semuanya itu. Ingatlah, orang-orang Kolose telah disesatkan kepada penyembahan terhadap malaikat-malaikat. Sebab itu, Paulus memberi tahu mereka bahwa hanya Kristus adalah Kepala segala malaikat dan kita telah berada di dalam-Nya, kita tidak perlu menyembah malaikat.

Fakta yang telah dipenuhi di dalam Kristus ini bertentangan dengan penyembahan terhadap malaikat. Karena kita bersatu dengan Kristus, kita tidak seharusnya menyembah malaikat.

Tetapi, kita perlu melatih iman dan tidak memandang diri kita sendiri. Kita harus mengalihkan mata kita dari perasaan-perasaan kita dan situasi kita yang di luar. Menurut situasi kita yang di luar, kita memang kekurangan hal-hal yang positif dan diganggu oleh hal-hal yang negatif. Tetapi menurut fakta, kita bukan berada di dalam diri kita sendiri — kita berada di dalam Kristus. Karena kita berada di dalam Kristus, kita telah dipenuhi secara positif, dan kita telah disunat demi menanggalkan segala sesuatu yang negatif.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 1, Berita 22

No comments: