Hitstat

04 May 2015

Titus - Minggu 2 Senin



Pembacaan Alkitab: Titus 2:1-8


Dalam 2:1-8 kata "sehat" digunakan tiga kali. Dalam ayat 1 Paulus berkata, "Tetapi engkau, beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat." Dalam ayat 2 Paulus berbicara tentang sehat di dalam iman, kasih dan ketekunan. Dalam ayat 8 Paulus mengacu kepada pemberitaan sehat yang tidak dapat dicela. Titus harus memberitakan hal-hal yang sesuai dengan ajaran sehat dan menunjukkan dirinya sendiri sebagai suatu teladan perkataan yang sehat, dan orang-orang yang tua harus sehat dalam iman, kasih dan ketekunan. Sangat bermakna sekali bahwa dalam ayat-ayat ini, suatu bagian dalam Surat Titus, umat saleh dinasihati agar menempuh kehidupan yang tertib di dalam gereja, Paulus memakai kata "sehat" tiga kali. Jika kita mempelajari ayat-ayat tempat kata ini digunakan, terutama bila kita mendoabacakannya, kita akan mendapat makanan yang kaya. Saya mendorong Anda agar mendoakan perkataan Paulus mengenai ajaran sehat, sehat dalam iman, kasih dan ketekunan, dan pemberitaan sehat. Bila Anda melakukan hal ini, Anda akan menikmati hidangan rohani yang limpah.

Titus 2:1 mengatakan, "Tetapi engkau, beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat." Ayat ini dimulai dengan kata "tetapi" untuk menunjukkan bahwa ayat ini berlawanan dengan 1:16. Berlawanan dengan mereka yang mengaku mengenal Allah, tetapi melalui perbuatan mereka menyangkal Dia, Titus harus memberitakan hal-hal yang sesuai dengan ajaran yang sehat.

Ajaran yang sehat selalu sesuai dengan kebenaran (1:14), kepercayaan (1:13). Kebenaran kepercayaan ini adalah isi dari ajaran rasul, juga isi dari ekonomi Perjanjian Baru Allah. Ajaran ini bukan hanya menyuplaikan hayat kepada kaum beriman dan menyembuhkan penyakit rohani, bahkan dengan berbuat demikian, ajaran ini juga membawa gereja ke dalam keadaan tata tertib yang baik. Maka ajaran yang sehat ini sangat ditekankan dalam ketiga surat ini, 1 dan 2 Timotius dan Titus, surat-surat yang membahas ketidaktertiban dan kemerosotan gereja. Dalam 2:1 Paulus berpesan kepada Titus agar tidak menyimpang dari ajaran yang sehat, dari ajaran para rasul. Ia tidak boleh seperti para penyangkal, para pembual, yang mengajarkan ajaran yang berbeda dan menjadikan gereja tunduk kepada pengaruh agama Yahudi dan aliran Gnostik.

Ajaran yang sehat tidak memancing perdebatan atau argumentasi. Jika kita memberikan perhatian yang cukup untuk menyuplaikan Tuhan, kita tidak akan berminat berdebat. Meja makan bukanlah tempat untuk berdebat atau berargumentasi, melainkan untuk berpesta dan makan. Dalam hidup gereja kita tidak boleh menukar meja makan dengan meja belajar. Kita semua perlu belajar bagaimana meletakkan "masakan" sehat di atas meja makan untuk memberi makan umat saleh.

Dalam ketiga Surat ini: 1 dan 2 Timotius dan Titus, Paulus menekankan pentingnya insani yang tepat. Dalam 2:2 Paulus berbicara tentang orang yang tua, demikian, "Laki-laki yang tua hendaklah hidup sederhana, terhormat, bijaksana, sehat dalam iman, dalam kasih, dan ketekunan" (kesabaran).


Sumber: Pelajaran-Hayat Titus, Berita 3

No comments: