Hitstat

24 November 2015

Ibrani - Minggu 27 Selasa



Pembacaan Alkitab: Ibr. 12:22-24


Sekarang mari kita lihat pemandangan perjanjian yang baru di pihak anugerah (ayat 22‑24). Pemandangan ini terdiri dari delapan butir dan terbagi atas empat pasang. Butir‑butir ini teratur sepasang demi sepasang, ini sungguh bermakna sekali.

Pasangan pertama ialah Bukit Sion (ayat 22; Mzm. 2:6; Why. 14:1) dan kota Allah yang hidup, yaitu Yerusalem surgawi (ayat 22; 11:10, 16; Why. 22:2). Di sini tidak ada api, melainkan satu gunung indah dengan sebuah kota yang mulia, kota Yerusalem surgawi, tempat kediaman Allah dan pusat pemerintahan universal‑Nya.

Pasangan kedua ialah kumpulan yang meriah yang terdiri atas beribu‑ribu malaikat (ayat 22‑23; Why. 5:11) dan jemaat anak‑anak sulung yang namanya terdaftar di surga (ayat 23; 2:12; Luk. 10:20). Seluruh zaman perjanjian yang baru ini adalah suatu festival; beribu‑ribu malaikat yang adalah roh‑roh yang melayani bagi faedah ahli-ahli waris keselamatan (1:14) di bawah perjanjian yang baru, adalah suatu perhimpunan menyeluruh yang merayakan festival yang hebat dari "keselamatan yang sebesar itu" (2:3).

Sungguh bermakna sekali Rasul Paulus menjajarkan beribu‑ribu malaikat dengan jemaat anak‑anak sulung yang namanya terdaftar di surga. Kita semua adalah anak‑anak sulung, para malaikat adalah penonton; kita yang berlari, mereka yang menyaksikan. Satu Petrus 1:12 mengatakan, itulah "hal‑hal yang ingin diketahui oleh malaikat‑malatkat." Ini membuktikan bahwa para malaikat ingin sekali mengetahui hasil perlombaan Injil kita. Setiap kali ada sesuatu yang membuat kita bersukacita dalam hidup gereja, para malaikat pun pasti lebih bersukacita. Hidup gereja selalu membuat para malaikat bersukacita.

Pasangan ketiga dalam pemandangan perjanjian yang baru ialah kita memiliki Allah, Hakim semua orang (ayat 23; Kej. 18:25; Mzm. 94:2), dan roh‑roh orang benar yang telah disempurnakan (ayat 23). Dalam pasangan ini ada Allah yang adil sebagai Hakim, dan roh‑roh orang benar, yaitu kaum saleh perjanjian yang lama; mereka telah disempurnakan karena percaya kepada lambang Kristus.

Pasangan keempat ialah Yesus sebagai Pengantara perjanjian yang baru (ayat 24; 8:6; 9:15) dan darah pemercikan yang berbicara lebih kuat daripada darah Habel (ayat 24; 9:12, 14; Kej. 4:10). Dalam bahasa Yunani istilah "baru" (neos) berarti "segar" atau "muda dalam usia". Jadi dalam pasangan ini kita tidak saja memiliki Pengantara dan Penebus perjanjian yang baru, tetapi juga mempunyai darah perjanjian yang baru.

Darah Kristus bukan hanya dapat menebus, menguduskan, dan menyucikan, tetapi juga berbicara. Darah ini adalah darah yang berbicara, membicarakan sesuatu lebih baik daripada darah Habel. Darah Habel berbicara kepada Allah untuk pendakwaan dan pembalasan (Kej. 4:10‑15), sedangkan darah Kristus berbicara kepada Allah untuk pengampunan, pembenaran, pendamaian, dan penebusan. Lebih dari itu, darah adi ini berbicara kepada Allah bagi kepentingan kita, menyatakan bahwa oleh darah ini (seperti yang diwahyukan di dalam kitab ini), perjanjian yang baru, yang kekal, telah ditetapkan; dan bahwa di dalam perjanjian yang baru ini Allah harus memberikan diri‑Nya sendiri dan semua berkat‑Nya kepada kaum beriman dalam Kristus yang menerima perjanjian ini berdasarkan iman.


Sumber: Pelajaran-Hayat Ibrani, Buku 4, Berita 53

No comments: