Hitstat

20 August 2016

2 Petrus - Minggu 7 Sabtu



Pembacaan Alkitab: 2 Ptr. 3:17-18
Doa baca: 2 Ptr. 3:18
Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.


4) Aspek alam semesta. Para malaikat yang jatuh dihakimi dan sedang menantikan penghakiman kekal; dunia kefasikan yang kuno dimusnahkan dengan air bah; kota-kota yang fasik dihanguskan menjadi abu; guru-guru palsu dan para pengejek yang bidah dalam kemurtadannya serta umat manusia dalam kehidupannya yang jahat, semua akan dihakimi dan dibinasakan; langit dan bumi akan dibakar habis dengan api; semua orang yang mati dan roh-roh jahat akan dihakimi. Kemudian langit baru dan bumi baru akan tiba sebagai alam semesta yang baru, kebenaran Allah tinggal di dalamnya sampai selama-lamanya.

Di dalam tulisan-tulisannya, Paulus juga berbicara tentang "hal-hal ini" (kecuali langit baru dan bumi baru). Karena itu, Petrus menyinggung tulisan-tulisan Paulus untuk memperkuat tulisan-tulisannya sendiri, terutama tentang penghakiman pemerintahan dan penghakiman pendisiplinan atas kaum beriman. Paulus dengan kuat dan berulang-ulang menekankan masalah ini dalam tulisan-tulisannya. Ini pastilah alasan Petrus yang dengan sekuatnya merekomendasikan tulisan-tulisan Paulus.

Dalam 3:16 Petrus mengatakan bahwa orang-orang yang tidak memahami dan tidak teguh imannya, memutarbalikkan tulisan-tulisan Paulus dan juga kitab-kitab lain dari Kitab Suci, menjadi kebinasaan mereka sendiri. Ini menunjukkan bahwa para pengejek (2 Ptr. 3:3) dan para pengikut mereka tidak hanya mengabaikan Kitab Suci dan pengajaran para rasul, bahkan memutarbalikkannya.

Dalam 3:17 dan 18 ada penutup Surat ini. Dalam ayat 17 Petrus menyuruh kita waspada, karena perkara kemurtadan, pengajaran-pengajaran bidah, dapat menyeret kita ke dalam kebinasaan dengan memutarbalikkan tulisan-tulisan para rasul atau Kitab Suci. Dalam ayat 17, "Orang-orang yang tidak mengenal hukum" pasti ditujukan kepada guru-guru palsu dan para pengejek (2 Ptr. 2:1; 3:3) yang adalah para bidah sebermula. Petrus khawatir kaum saleh kehilangan pegangan mereka yang teguh.

Dalam ayat 18 adalah kata kesimpulan Petrus. Kata "bertumbuh" dalam ayat 18 ini menunjukkan bahwa apa yang ditulis Petrus dalam kedua suratnya adalah perkara hayat. Bertumbuh dalam anugerah adalah bertumbuh karena suplai yang limpah lengkap dari hayat kekal yang disediakan oleh kuasa ilahi (1:3-4); bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan adalah bertumbuh karena pengenalan akan apa adanya Kristus. Inilah bertumbuh oleh karena menikmati anugerah dan mengenal kebenaran (Yoh. 1:14, 17).

Petrus juga mendorong kita untuk bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus. Pemahaman pengenalan akan Tuhan kita sama dengan kebenaran, yaitu segala apa adanya Dia, seperti dalam Yohanes 1:14 dan 17. Petrus menganjuri kaum beriman untuk bertumbuh bukan hanya dalam anugerah tetapi juga dalam kebenaran ini.

Petrus mengakhiri Surat ini dengan kata, "Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya." Kata ganti "Nya" mengacu kepada Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus. Karena pujian yang sedemikian adalah pujian yang diberikan kepada Allah (Rm. 11:36; 16:27), ini menunjukkan bahwa Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus adalah Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Petrus, Berita 13

No comments: