Hitstat

16 August 2016

2 Petrus - Minggu 7 Selasa



Pembacaan Alkitab: Why. 12:5; 14:1
Doa baca: Why. 14:1
Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.


Dalam 3:4 pengejek-pengejek mengatakan, "Di manakah janji tentang kedatangan-Nya?" Menurut Perjanjian Baru, parousia Tuhan, kedatangan-Nya, bukan hanya berlangsung satu jam atau satu hari, melainkan, akan berlangsung satu periode. Parousia Tuhan mungkin akan dimulai pada pertengahan tujuh masa yang ketujuh puluh, yaitu, dalam pertengahan 7 tahun terakhir sebelum Kerajaan Seribu Tahun. Selanjutnya, ini mungkin akan dimulai dari waktu Tuhan meninggalkan takhta Allah di langit tingkat tiga dan turun ke angkasa dibungkus dalam awan (Why. 10). Ini berarti parousia Tuhan akan terjadi pada tiga setengah tahun terakhir zaman ini.

Menurut Wahyu 12, Anak Laki-laki itu akan diangkat ke takhta Allah (ay. 5). Anak Laki-laki ini akan terangkat ke takhta Allah, dan akan terjadi sebelum 1.260 hari (ayat 6), yang adalah waktu kesusahan besar selama tiga setengah tahun (empat puluh dua bulan, Why. 12:14; 13:5; 11:2). Terangkatnya Anak Laki-laki ke takhta Allah berarti bahwa Anak Laki-laki itu akan ada di dalam kehadiran Tuhan, di dalam parousia Tuhan. Ini membuktikan bahwa di dalam pertengahan tujuh masa yang ketujuh puluh, Tuhan Yesus masih berada di takhta Allah di langit tingkat tiga.

Wahyu 14 mengatakan tentang seratus empat puluh empat ribu buah sulung (ay. 1). Seratus empat puluh empat ribu ini adalah "yang telah ditebus dari bumi" (Why. 14:3) telah "ditebus dari antara manusia, sebagai kurban-kurban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu" (ayat 4). Ini adalah yang pertama matang di ladang Allah dan akan dituai sebelum panen sebagai buah sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba. Peristiwa-peristiwa dalam 14:6-13 akan terjadi selama kesusahan besar (Mat. 24:21), dengan jelas menunjukkan dan dengan kuat membuktikan bahwa buah sulung dalam Wahyu 14:1-5 akan diangkat sebelum kesusahan besar, dan panen dalam ayat 14-16, yang mencakup mayoritas kaum beriman, akan diangkat setelah kesusahan besar.

Hari Tuhan adalah satu hari penghakiman. Hari penghakiman ini akan dimulai dari awal tujuh masa yang terakhir, tujuh masa yang ketujuh puluh. Selama periode waktu ini, Allah akan menghakimi langit, bumi, dan yang hidup di bumi, menurut apa yang ditulis dalam Kitab Wahyu. Kemudian dalam pertengahan tujuh masa yang ketujuh puluh, Anak Laki-laki dan keseratus empat puluh empat ribu orang itu akan diangkat ke langit tingkat tiga. Menyusul itu, parousia Tuhan akan dimulai. Tuhan akan membawa kehadiran-Nya turun ke angkasa, dan Dia akan disembunyikan sejangka waktu di dalam awan. Inilah bagian tersembunyi dari parousia-Nya. Kemudian, mungkin pada akhir ketujuh tahun itu, parousia Tuhan akan diumumkan dan Tuhan sendiri akan turun ke bumi untuk melaksanakan penghakiman atas Antikristus dan tentaranya. Tuhan juga akan mengikat Iblis dan melemparkannya ke dalam jurang yang dalam sekali, di mana dia akan disimpan selama seribu tahun. Tuhan pun akan duduk di takhta-Nya di Yerusalem untuk menghakimi bangsa-bangsa. Melalui penghakiman itu, situasi di bumi akan dibereskan. Umat Kristen akan dihakimi pada takhta penghakiman Kristus, bangsa Yahudi akan dihakimi, dan bangsa-bangsa akan dihakimi pada takhta kemuliaan Kristus. Akibatnya, segala hal akan disiapkan bagi kerajaan yang penuh damai sejahtera yang akan berlangsung selama seribu tahun. Akan tetapi, pada akhir Kerajaan Seribu Tahun, Iblis akan dibebaskan dari penjaranya dan akan menghasut pemberontak Gog dan Magog. Kemudian Kristus akan menghakimi Gog dan Magog, dan Iblis akan dilemparkan ke dalam lautan api. Ini akan terjadi pada akhir Kerajaan Seribu Tahun. Kemudian akan ada penghakiman pada takhta putih dan pembakaran langit dan bumi. Setelah itu, hari Tuhan akan tiba, dan kekekalan akan diantarkan bersama langit dan bumi baru.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Petrus, Berita 12

No comments: